Senin, 12 September 2011

Bangkitnya UPK Desa Sinanggul Setelah Mati Suri

Desa Sinanggul yang terletak di Kec. Mlonggo terbentang diantara Jalan Jepara – Bangsri merupakan desa yang pernah mendapat bantuan dari P2KP tahun 2003. Dalam perjalanannya di tahun awal, BKM Mandiri yang notabenya BKM di desa Sinanggul selalu berpedoman dari visi dan misi BKM. Mengentaskan kemiskinan yang terjadi di desa Sinanggul sehingga diharapkan dapat mengubah pola pikir masyarakat dari tidak berdaya menjadi berdaya.

Namun setelah bertahun – tahun berjalan terjadi pergolakan di dalam lembaga BKM yang mengakibatkan menurunnya kinerja BKM berserta UP – UP yang ada. Maka ketika dari pemerintah pusat menurunkan Dana BLM kembali pada tahun 2009, masyarakat dapat melakukan perubahan dalam perputaran perekonomian di desa.

Sosialisasi pinjaman bergulir yang baru

Setelah melakukan identifikasi yang cukup panjang dapat terdeteksi beberapa permasalahan yang ada di desa termasuk kemacetan pinjaman ekonomi bergulir yang teryata hampr semua macet. Maka dari itu setelah terbentuk pengurus UPK yang baru, diharapakan dapat mengubah kesadaran masyarakat kea rah lebih positif.


Ada beberapa hal yang membuat semua KSM macet, antara lain =
1. Adanya mosi ketidakpercayaan masyarakat kepada pemerintah setelah era reformasi.
2. Uknum dari lembaga BKM yang mencari keuntungan pribadi.
3. Terlalu lemahnya prosedur pinjaman bergulir
4. Masyarakat menganggap dana BLM itu hibah (dalam arti sempit) bukan dana stimulant.

Maka dengan formasi UPK yang baru pinjaman bergulir lebih diperketat. Antara lain peminjam harus masuk daftar PS -2 dan tidak ada lagi peminjam secara personal. Semua peminjam harus memenuhi prosedur yang ada di PNPM. Hasilnya dalam beberapa kali sosialisai tentang pinjaman bergulir diterima masyarakat dengan baik.

Pencairan KSM ekolir
Setelah UPK bangkit dari tidur panjangnya, tampak adanya perubahan pola pikir masyarakat desa Sinanggul mengenai dana BLM dan Kronologi Pinjaman Bergulir. Diharapkan dengan pendampingan fasilitator dapat menjunjung tinggi nilai – nilai luhur yang ada di masyarakat desa Sinanggul sehingga mengubah masyarakat dari yang belum berdaya menjadi berdaya. Kebangkitan UPK BKM Mandiri merupakan salah satu harapan warga Sinanggul untuk melapis perekonomian rumah tangga mereka yang kekurangan. karena manusia ditakdirkan sebagai mahkluk sosial.
(Okis Tirta, FE Tim 2 PNPM MP Jepara)

1 komentar:

Okis atau Ociz yang buat...?

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More