Minggu, 20 November 2011

Kegiatan Survey dan Koordinasi Pra Konstruksi

Desa Welahan, Kecamatan Welahan adalah salah satu sasaran kegiatan PNPM, Desa ini merupakan klasifikasi sasaran PNPM-MP lokasi baru 2009. Pada implementasi BLM, Desa Welahan merupakan salah satu Desa yang terlambat dalam akses dana BLM 2009 putaran pertama untuk terminasi dana APBD, hal tersebut dikarenakan adanya keterbatasan DIPA 2009 dan DIPA 2010 sharring APBD Kabupaten Jepara.

Pada tahun 2011 ini, Pemdes, BKM maupun Masyarakat Desa Welahan kembali mendapatkan angin segar dengan adanya kabar ketersediaan DIPA 2011 untuk pemenuhan sharring dana APBD BLM 2009 putaran pertama. Dengan semangat bahwa masyarakat Desa Welahan kembali dapat melanjutkan pemanfaatan BLM untuk kegiatan infrastruktur dalam usaha peningkatan pembangunan dan upaya penanggulangan kemiskinan. Setelah melewati beberapa proses dan tahapan dalam mekanisme RPD (Rencana Penggunaan Dana) dengan pedoman PJM Pro-nangkis, akhirnya disepakati untuk wilayah RT. 04 RW. 01 mendapatkan kesempatan melaksanakan pemanfaatan dana BLM melalui kegiatan KSM. Pada kesempatan tersebut KSM Adem Ayem RT. 04 RW. 01 mengakses kegiatan pembangunan jalan paving dan saluran air. Dalam upaya tindak lanjut Pra Konstruksi maka Petinggi, BKM, UPL, Tim Faskel dan Masyarakat yang terwakili KSM melakukan kegiatan Survey lokasi, Pengukuran serta koordinasi kegiatan.

Kegiatan ini merupakan mekanisme di bidang Infrastruktur, setelah tahap Pra-Konstruksi masyarakat akan di ajak untuk berperan lebih lanjut dalam tahap Pelaksanaan Konstruksi melalui berbagai peranan, dengan harapan akan di dapatkan keberhasilan tujuan dari Pembangunan dan Program Pasca Konstruksi.

Dengan harapan besar seluruh pelaku PNPM-MP dan Masyarakat Desa Welahan, dapat segera mengakses BLM sharring dana APBD BLM 2009 putaran pertama di DIPA 2011 ini, sehingga semangat masyarakat dalam membangun tetap terjaga terhadap impian kebutuhan pembangunan di wilayahnya. Kegiatan ini menumbuhkan akses menuju ke penyadaran kritis masyarakat atau menumbuhkan kesadaran terhadap lingkungan sekitar yang berdampak pada tatanan kehidupan sosial untuk merangsang giatnya sektor ekonomi yang berdampak pada bidang pendidikan melalui kegiatan Infrastruktur
(Wawan & Tatang , Tim 10 Jepara)

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More