Senin, 15 Agustus 2011

KSM Mawar 1 Maju Bersama PNPM MP



KSM Mawar 1 adalah salah satu pemanfaat dari UPK-BKM Budi Luhur Mandiri , Desa Pecangaan Wetan, Kecamatan Pecangaan , Jepara , Jawa Tengah (Jateng). KSM ini dibentuk sejak tanggal 31 maret 2008, dengan anggota berjumlah sepuluh orang, yang terdiri dari sembilan perempuan dan satu laki-laki.
KSM yang dipimpin seorang wanita ini memperoleh pinjaman pertama pada tahun 2008 sebesar Rp300.000 per orang, dengan jangka waktu pengembalian Sepuluh bulan. Disusul pinjaman tahun ke dua sebesar Rp750.000 per orang. Dan pinjaman yang ke tiga sebesar Rp.1.000.000 per orang.
Untuk KSM Mawar 1 ini Memiliki anggota 10 Orang dan memiliki usaha yang berbeda – beda. Siti Kholifatun sebagai Ketua KSM memiliki Usaha Ikan Sapi tetapi dalam proses selanjutnya menambah usaha pembuatan tahu, untuk pemasarannya di pasarkan di pasar pecangaan,kedung,kalinyamatan dan welahan.bahkan di ada konsumen yang langsung datang ke tempat ibu siti kholifatun.Untuk harga tahu tergantung ukuran cetakan jika ukuran cetakannya 120 maka harganya Rp.140,-perbuah,jika ukurannya 49 maka harga per buahnya Rp.350,- per buah.
Selain ibu kholifatun ada ibu Ernawati memiliki usaha pembuatan tempe.usaha ini dalam proses pembuatannya masih menggunakan peralatan yang seadanya karena usahanya masih kecil – kecilan.Untuk harga masing – masing tempe berbeda-beda tergantung ukuran besar kecilnya produk. Misalnya tempe yang kecil diberi harga 800 , sedang 2000 , besar 4000.
Sedangkan anggota lainnya, Siti daimah usahanya jualan Mie ayam, Sunipah Usaha Bakul makanan,Masrikah Usaha Dagang kelontong,Makrifah Bakul tempe,Musayadah Jualan Jajan,Ali ghufron jualan tempe,hariyanti Bakul tempe,Ngatini jualan tempe.
Sejak kesepuluh warga ini bergabung dalam KSM Mawar 1, mereka hampir tidak pernah menemui masalah angsuran. Ini berkat aturan kelompok yang cukup baik dan ditaati oleh semua anggota kelompok.
Guna mempertahankan keeratan anggota kelompok, mereka membuat kesepakatan-kesepakatan, di antaranya yang berkaitan dengan setoran pinjaman anggota. Yaitu, dari anggota disetorkan kepada ketua KSM secara harian. Kemudian, ketua menyetorkan ke UPK secara bulanan.
Kesepakatan itu mereka buat dengan pertimbangan untuk mengurangi biaya transport ke UPK. Para anggota KSM Mawar 1 pun merasa diuntungkan, apalagi tempat tinggal mereka berdekatan satu sama lainnya.

”Kami pernah mempunyai pengalaman pahit, terikat pinjaman dengan tukang kredit.Untuk administrasinya sangat tinggi dan terlalu banyak Bunga yang harus kami bayar sangat tinggi .Dengan adanya pinjaman bergulir dari PNPM-P2KP, seluruh anggota KSM Mawar 1 menyatakan merasa sangat terbantu, karena aksesnya mudah dan tempatnya tidak jauh dari tempat tinggal, apalagi bunga (jasa) pinjaman relatif rendah, yaitu 1,5% per bulan.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More